Solo Traveling 2 Hari di Bangkok, Bisa Kemana Aja Sih?

Hello Bangkok

Berasa ngebut banget gak sih 2 hari di Bangkok? Hmmm... buat gw cukup sih kalau gak belanja aja. Karena belanja itu lumayan menyita waktu yang cukup lama. Iya gak sih? 

Gw mau cerita dulu nih kenapa gw ke Bangkok cuma 2 hari. Liburan tahun baru 2019 seperti biasa ritual mudik ke Medan. Sebulan sebelumnya udah berburu tiket mudik yang pasti harganya melonjak mahal. Tiket Jakarta-Medan aman, dapat penerbangan langsung murah berkat diskonan. Tinggal memikirkan tiket balik ke Jakarta. Waktu nyari tiket ke Medan, anehnya penerbangan transit di Malaysia lumayan murah harganya. Ngecek tiket balik ke Jakarta pun begitu. Lebih murah transit dan lebih murah penerbangan ke luar negri. Otak licik gw langsung bekerja. Gw cek ongkos dari Medan ke Kuala Lumpur, Bangkok, Vietnam, kemudian ke Jakarta. Tadaaaa....... nemu dong dari Medan ke Bangkok transit Kuala Lumpur + Bangkok ke Jakarta dengan harga yang sama kalau dapat diskon dengan harga penerbangan langsung ke Medan kalau dapat diskon yang sama. Lah mendingan gw main ke Bangkok dulu 😈. Iya gak sih???? Gw cek sisa cuti masih aman. Langsung tanpa mikir lama gw booking. Jadilah gw ke Bangkok sebagai liburan awal Januari 2020 (dan ternyata satu-satunya traveling di 2020 karena Covid 19). 

Pas mau ke Bangkok, di bandara Kuala Namu ketemu sekeluarga yang mudik dari Batam ke Medan. Jadi mereka itu gak ambil penerbangan langsung ke Batam karena harganya jauh banget mahalnya dibanding penerbangan yang transit di Kuala Lumpur. Wah ternyata gak gw doang yang merasakan hal yang sama. Lebih murah transit ke luar negeri dari pada langsung. 

Lanjut deh ini. gw cuma bawa ransel kecil cuma berisi beberapa pakaian. Nyampe bangkok jam 9 pagi dan terhitung jadi hari pertama gw di Bangkok. Jujur gw gak bikin itinerary mau kemana aja di Bangkok. Pengen random aja kemana kaki melangkah😁.

Hari Pertama

Kemana aja kaki gw melangkah? Yuk cekidot.

Pasar Chatuchak
Sekilas tentang pasar Chatuchak, pasar ini merupakan pasar terbesar di Bangkok  yang menjadi destinasi utama para wisatawan untuk belanja dan kulineran. Uniknya cuma buka pas weekend aja, Sabtu dan Minggu. Makanya kalian kalau mau ke Bangkok, atur waktunya yang dapat jadwal weekend biar bisa ke sini. Konon katanya orang Indonesia suka belanja di sini sampai-sampai ada pedagangnya yang bisa bahasa Indonesia. Tapi ya tempat ini emang rekomen sih untuk belanja pakaian, asesoris, furniture, kosmetik, makanan dan lainnya. Untuk harga ya pinter-pinter nawar aja kayak lagi berlanja di Indonesia. Denger-denger dari teman yang pernah ke sana sih coba tawar sampai 50% 😁 siapa tau beruntung ye kan.

Gw pilih ke sini karena pas pertama kali dulu ke Bangkok belum pernah ke sini dan pas banget gw nyampe Sabtu dan pastinya harus ke tempat ini biar pernah aja. Ngapain gw di sini? Mau nyari sarapan πŸ˜‚πŸ˜…. Lapar banget gw. Setelah makan, gw menyusuri pasar sampe ke toko-toko di dalam. Cuma mau lihat-lihat doang gak berminat belanja. Ngiler sih lihat tas-tas yang unik dan cakep-cakep tapi nahan selera biar next time ada alasan ke Bangkok lagi. Hahahha......

Kalian-kalian yang suka belanja atau yang pengen nyari oleh-oleh atau sekedar kulineran wajib sih ke sini.



Chatuchak Market

Grand Palace
Tempat kediaman raja-raja Thailand, tapi sekarang udah bukan tempat kediaman raja lagi sih katanya. Tapi masih jadi tempat diadakannya ritual kerajaan. Luas dan megah yang didominasi warna emas. Kalau siang-siang panas terik warna emasnya itu mantul berkilau. Kalau malam-malam lampu-lampunya nyala menghiasi warna emas jadi cakep banget. 
Sekitaran Grand Palace ini juga pusat pemerintahan Thailand. Ada kantor-kantor pemerintahan. Tiket masuk 500 bath atau sekitar 250 ribu Rupiah untuk wisatawan asing. Kalau wisatawan lokal sih gratis ya. Mau nyoba jadi orang lokal gak? hahahaha...... Tapi katanya ada yang lebih murah tiket terusan ke Grand palace, Wat Phra dan Wat Arun.

Di sini gw gak masuk ke dalam Grand Palace karena mahaaal dan gw mikirnya bakalan sama kayak Wat lainnya. Cukup memandangi dari luar kemegahannya. Cakep banget sih emang, tapi belum penasaran untuk masuk ke dalam.

Di Seberang Grand Palace

Khao San Road
Khao San Road adalah tempat hiburan wajib para wisatawan kalau ke Bangkok. Khaosan Road itu ya jalan pada umumnya gitu, ada toko, restoran, hotel dan lainnya yang berubah jadi pasar malam (tempat hiburan) pada malam hari. Kalau di Medan kayak Kesawan Square deh kayaknya. Jalanannya jadi tempat kuliner kalau malam-malam. Di Khao San Road ini banyak restoran, kafe, bar, Thai Massage, street food, souvenir dan barang-barang unik lainnya, atraksi dan hotel budget. Setiap malam diramekan oleh wisatawan mancanegara. 

Pertama kali ke Bangkok sebelumnya, gw udah pernah ke sini. Ke sini lagi karena bingung mau kemana di Bangkok malam-malam gini. Hahhaahaha.... Seperti sebelumnya, tetap crowded. Bule-bule suka banget nongkrong di kafe-kafe di sini. Karena gw sendirian, gw menikmati street foodnya aja  sambil menyusuri jalanan dari ujung ke ujung. Gw pernah datang ke sini pagi-pagi jam 7an pagi gitu, sepi banget kayak gak ada apa-apa malamnya. Cuma ada gerobakan penjual sarapan dan beberapa kafe buka yang menyediakan sarapan. Trus ada beberapa orang turis bule yang mabok trus ketiduran di pinggir jalan. 

Kalau mau cari penginapan murah juga banyak di sekitaran Khao San Road ini. Tinggal cek reviewnya aja mana yang bagus. Pernah nginap di hotel dekat sini, murah semalam 250k + breakfast dan welcome drink. Tapi kali ini gw gak nginap di Khaosan Road. Gw nyari penginapan ke tempat yang jauh dari hirup pikuk kota Bangkok. Namanya Yaks Hostel dekat sungai Chaopraya.
7 Things to Do in Khao San Road

Hari Kedua

Kemana aja kaki gw melangkah? Yuk cekidot.

Wat Arun
Nama lengkapnya Wat Arun Ratchawararam Ratchawaramahawihan merupakan kuil Buddha. Letaknya bersebrangan dengan Wat Pho di pinggir sungai Chao Phraya. Bentuk pagodanya unik dengan berwarna dominan putih. Karena letaknya di pinggir sungai, jadi pemandangan dari sebrang atau dari sungai pas lagi di kapal itu cakep banget. Apalagi kalau malam dengan lampu emasnya, mantap betul. Tiket masuknya gak tau berapa karena waktu itu gw nyampe pagi banget untuk menghindari keramaian wisatawan dan waktu nyampe belum ada penjualan karcis dan petugas yang ngecek karcis, yaudah jadinya gw masuk aja. Mungkin ini bisa jadi tips untuk ke Wat Arun gratis. Dari Wat Pho tinggal nyebrang sungai Chao Phraya pake kapal ke Wat Arung. Ongkosnya cuma 4 bath kalau gak salah.
Wat Arun dari Kapal

Pagoda Utama Wat Arun 

Wat Pho
Wat Pho ini salah satu kuil yang masuk daftar wajib untuk gw kunjungi. Karena setelah beberapa kali mengunjungi kuil, gak pernah kesampaian lihat patung Buddha tidur. Wat Pho dengan nama lengkap Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan merupakan Kuil Buddha yang di dalamnya terdapat patung reclining Buddha. Harga tiketnya 200 Bath, kalau dirupiahkan jadi sekitar 90 ribu Rupiah. Tiketnya udah termasuk free 1 botol 300 ml air minum. Kuil ini didominasi dengan warna emas. Di dalamnya juga ada bangunan lain kayak istana dan pagoda-pagoda kecil. Pas nyampe di sini, wah senang banget. Patungnya besar banget dan berwarna emas. 
Patung Reclining Buddha 

Telapak Kaki dari Patung Reclining Buddha

Patung Lainnya di Wat Pho

Pagoda-Pagoda Kecil di dalam Wat Pho

Main Hall di Wat Pho
Mall di Bangkok
Ada beberapa pusat perbelanjaan di Bangkok, salah satu yang terkenal MBK. Gw gak ke MBK tapi tetangganya MBK, Siam Paragon dan jalan-jalan sekitaran Siam Square. Gw sempatin ke sini cuma mau beli skin care dan ngadem sebelum jam penerbangan balik ke Jakarta. 

Itu aja sih ada 6 tempat wisata populer yang bisa dikunjungi di Bangkok dalam 2 hari. Menurut gw sih nyantai, gak yang ngeburu waktu banget. Untuk transportasi umum di Bangkok gampang banget sih dipelajari. Ada Bus, BTS Skytrain, dan Taxi. Gampangnya mau naik apa ikuti aja perintah dari google maps, nomor bus apa yang mau dinaikin juga tersedia. Gampang sekarang kalau mau traveling, serba mudah dengan kecanggihan teknologi.

Terima Kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat buat referensi yang baru pertama kali ke Bangkok.

Komentar

Postingan Populer