Ngetrip 5 Hari 5 Malam ke Belitong

Tangerang, 12 Mei 2021

Halo semua,

Akhirnya kesampaian juga ke pulau laskar pelangi ini, sejak dari jaman kuliahan pas ramenya film Laskar Pelangi udah pengen banget ke sini. Memanfaatkan sisa cuti 2020 selama 4 hari diakhir April 2021 kemaren jadinya total 6 hari 5 malam ngetrip ke Belitong bareng teman kantor yang sama-sama ngabisin cuti juga. Selama itu lumayan puas bangetlah ngeksplor Belitong tapi ya kali ini mau refreshing dan nyantai aja jalan-jalannya. Gak mau ngetrip yang capek-capeng dan gak menargetin harus datangi spot-spot tertentu. Kita gak bikin itinerary juga, cuma browsing tempat-tempat populer di Belitong. Kita beli tiket pesawat juga H-6 karena menjelang libur lebaran jadi nunggu info terbaru mengenai peraturan pemerintah untuk perjalanan antar provinsi via udara. Selama pandemi pasti diwajibkan menunjukkan surat swab antigen/PCR. Tadinya mau swab H-2, tapi tetiba muncul aturan swab untuk perjalanan udara, laut dan darat harus menunjukkan swab 1x24 jam jadinya kita H-1 dalam kurun 24 jam dari keberangkatan. Di Soetta katanya sih udah ada genose tapi antisipasi bakalan rame, kita pilih antigen aja. Oiya jangan lupa jalan-jalan juga harus jaga diri dan ikuti protokol kesehatan ya.

Jangan lupa ngisi E-HAC online ya guys biar gak repot-repot lagi pas udah nyampe bandara dan surat swab yang kita bawa jangan hilang karena akan berguna untuk check in di hotel nantinya. Dari bandara kita pake taksi ke hotel yang kita booking di Tanjung Pandan. Sengaja naik taksi, buat ngasi rejeki buat driver taksi yang mungkin selama pandemi sepi penumpang. Jalanan sepi melompong dari bandara menuju hotel berasa jalan pribadi. Abang taksinya cerita kalau selama pandemi penerbangan juga jadi lebih sedikit dan wisatawan turun drastis tapi sih ada aja katanya. Kesan pertama gw nyampe Belitong adalah bersih. Sepanjang jalan bersih gak ada sampah dan pekarangan rumah-rumah warga juga rapi bersih. Enak dilihat dan kagum aja bisa sebersih itu. Pilihan gw tepat banget buat ke Belitong buat refreshing.

Kita nginap di Hotel BW suite sejajaran dengan pantai tanjung pendam. Yups sengaja dekat pantai karena kalaupun mager keluar hotel, pemandangan dari kamar juga bisa dinikmati sambil ngeteh. Kita sewa motor selama di sana mulai hari ke 2. Sewa motor di Belitong Rp 75000/24 jam dengan fasilitas helm 2 buah, jas hujan 2 pasang, sarung tangan sepasang dan kanebo kering. Wah lengkap juga ya. Biasanya gw sewa motor gak selangkap ini. Hari pertama nyampe kita mau nyantai-nyantai mager-mageran aja di hotel dan cari makanan di sekitar hotel aja menikmati suasana buka puasa di Tanjung Pandan.

View dari Kamar Hotel

Hari kedua kita berencana ke sekolah Muhammadiyah Gantong. Sekolah yang ada di film laskar pelangi. Pas ngecek jaraknya 66 km. Eh jauh aja ya. Yaudahlah pelan-pelan dan nyantai-nyantai aja. Ke arah sana searah juga dengan danau kaolin. Kita gak tau sebelah mana danaunya. Pas ada kelihatan danau gitu kita berhenti aja pas dipinggir jalan. Pas lagi asik foto-foto disamperin satpam proyek gak boleh disitu dan dia nunjukin sebelah sana aja. 😀. Ntah kita gak nemu petunjuknya atau emang gak ada. Tapi sih emang lebih aman lokasi yang ditunjuk satpam tadi. Kemudian kita lanjut ke Gantong. Jalanan di Belitong ini juga bagus sudah diaspal semua. Setelah sekian jam dan melewati pergantian cuaca dari panas, hujan, panas lagi akhirnya kita nyampe di Gantong. Ntah karena weekdays atau emang karena pandemi, daerah situ sepi banget dan gak ada wisatawan lain. Loket penjualan tiket juga tutup. Kita bisa masuk ke halaman sekolah tapi dalam sekolahnya gak dibuka. Ngebayangi seandainya gak pandemi pasti ini rame. Lokasi sekitar sekolah ini juga ada spot wisata lainnya dan ada museum Kata Andrea Hirata. Tempatnya juga tutup. Sangat disayangkan sih. Dari sini kita lanjut ke Pantai Burong Mandi melewati daerah Manggar. Senang aja melewati daerah-daerah yang ada di film Laskar Pelangi. Sekali lagi sih gw terkesan dengan kebersihan di Belitong. Asik banget liatnya. Searah pantai Burong Mandi, ada Vihara Dewi Kwan Im yang menurut info sudah ada selama 260 tahun. Wah keren. Kita istirahat sebentar di sini, tepar gilak motoran 70an kilometer.

"Ini kita wisata menyusuri jalan ya" kata temen gw. Trus ngakak bareng.

SD Muhammadiyah Gantong

Nyampe dah di pantai Burong Mandi, pesan air kelapa, menikmati laut sambil ngobrol. 88 km dong udah kita motoran dari Tanjung Pandan. Tepar banget, belum lagi ngebayangi balik ke Tanjung Pandan. Hihihiiiiiii. Eh tapi bener-bener sepi banget dari wisatawan. Ada wisatawan setempat kayaknya juga nyantai menikmati langit sore di pinggir pantai. Pantai dan lautnya cakep dan banyak kapal-kapal perahu berwarna-warni parkir di pinggir pantai. Lumayanlah membayar perjalanan jauh kita sambil menikmati air kelapa. Jam tengah 6 sore kita nyampe lagi di Tanjung Pandan, total jalanan yang kita susuri 180an km. Senyumin aja. Mampir dulu di Warung Mak Jannah makan Mie Belitong dan Suto. Perjalanan yang melelahkan seharian menyusuri jalanan Belitong Timur, habis mandi, minum vitamin C dan susu biar jalan-jalannya gak sakit, langsung tepar tidur.

Hari ketiga kita gak kemana-mana. Nyantai istirahat dan kulineran aja. Siang kita makan Gangan di rumah makan Gangan Sari. Gangan itu makanan olahan ikan khas Belitong dengan kunyit, lengkuas dan asam bumbu utamanya. Kunyitnya tajam banget tapi dengan asamnya jadi segar gitu. Agak gak cocok dilidah gw dengan komposisi kunyitnya. Trus nyamperin warung kopi Kong Djie yang terkenal di Belitong dan sudah lama banget berdiri. Kopinya enak.

Gangan

Hari keempat kita berencana ke pantai yang ada batu-batu besar kayak di film Laskar Pelangi. Berangkat pagi jam 9 pagi sekitar 40 menit dari Tanjung Pandan menuju Tanjung Kelayang. Sekali lagi asri banget ya Belitong itu dengan jalanan yang bersih bahkan pekarangan rumah warganya juga rapi bersih. Kok bisa sih. Suka banget. Sampe di Tanjung Kelayang kita parkir dan langsung ketemu abang-abang lagi menunggu rejeki dan nawarin trip ke pulau. Awalnya kita cuma mau santai aja sih di pinggir pantai gak ada rencana mau ke pulau. Tapi pas cari-cari info malamnya, menarik juga sih ke pulau-pulau itu. Abangnya nawarin kita untuk ke pulau dengan biaya Rp.400000 seharian. Sampe di sini bener-bener sepi sih. Yang kelihatan gw cuma da 2 atau 3 rombongan yang rata-rata terdiri dari 2-6 orang. Kita putuskan untuk sewa kapalnya trip ke pulau-pulau populer di sana. Kapalnya lumayan besar yang menurut gw kapasitas untuk 6-8 orang. Si abang kapal nawarin snorkeling tapi sayangnya kita gak bawa baju ganti. Ini sayang banget sih. Nyesel bangeeet gak bawa baju ganti pas liat lautnya cakep banget. Aseli rekomendasi banget sih ini Laut dan pantai di Belitong buat asupan vitamin sea dan buat refreshing. Lautnya cakep banget, bening biru hijau. Asli dah pengen nyebur banget. Di Pulau sepi berasa pulau milik kita. Beberapa kali berpapasan sama 3 kapal lain yang bawa wisatawan kayak kita yang cuma 2 atau 4 orang. Duduk di bawah pohon pinggir pantai dengan pemandangan laut yang indah banget suatu kebahagiaan. Sampe gw terngantuk dengan angin sepoi-sepoi pantai. Thank you banget Belitong buat lautnya yang cakep dan bersih. Abang kapal kita baik dan ngambilin foto kita juga. Kita ngasi lebih pas terakhir.

"Mba ini kok lebih?"

"Iya ambil aja bang"

Trus dia senyam senyum dong. Senang aja liatnya senyam senyum dikasi lebih.

Pantai Pasir
Goa Batu di Pulau Kelayang

Mendung di Pulau Lengkuas

Hari kelima kita istirahat lagi, kulineran, beli oleh-oleh dan swab antigen untuk kepulangan besoknya. Kita makan Mie Belitong Atep dengan air jeruk kunci khas Belitong dong. Enak, suka banget. Oleh-oleh khas dari Belitong yang kita beli adalah sirop jeruk kunci dong.
Mie Belitong Atep

Hari keenam balik ke Jakarta. Bener-bener menikmati banget liburan sekaligus refreshing di Belitong ini. Terima kasih banget buat Belitong dengan lingkungan yang asri, bersih, laut yang indah dan orang-orang yang ramah yang kita temui mulai dari super taxi, ibu dan bapak warung, abang kapal, bapak penyewaan motor. Terkesan ke Belitong, mau lagi dan merekomendasikan ke orang-orang buat mengunjungi Belitong. Belitong itu indah.

Sekian cerita ngetrip ke Belitong yang berkesan. Oiya gw masih simpan kontak untuk penyewaan motor dan kapal, jika berminat saya akan infokan. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.