Seru!! Body Rafting di Green Canyon

Wisata Alam Body Rafting Green Canyon, Pangandaran
Spot of Rafting at Green Canyon
Ada yang suka dengan kegiatan rafting? Green Canyon bisa dijadikan daftar destinasi anda untuk rafting. Berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, sekitar 31 km dari Pangandaran. Rafting yang ditawarkan di Green Canyon ini adalah Body Rafting, ya sesuai namanya kita melakukan rafting menyusuri gua dan aliran sungai penuh bebatuan aliran arus deras di spot tertentu hanya dengan badan dilengkapi perlngkapan safty tanpa perahu karet, canoe atau ban karet. Seru? ya seru banget.
Awalnya saya gak ngeh dengan kata "body" rafting. Berpikir pasti kayak rafting yang sudah-sudah pernah saya ikuti. Sebelum mulai, Guidenya mengarahkan kita akan menyusuri sungai selama 3 jam hingga sampai di spot terakhir. Seluruh peserta telah memakai perlengkapan safety, kemudian kita turun dan langsung nyebur ke sungai. Saya kebingungan dan nanya ke guidenya, lah kok gak pake perahu atau ban? "Namanya juga body rafting neng, pake badan doang". Hahahaha tepok jidat, ke-oonan pun muncul. Buset dah 3 jam disuruh berenang melewati bebatuan dan arus deras,rontok juga nih badan. Hampir aja nyesel di awal hanya karena tanpa perahu. Setelah dilakukan, pengen lagi cuy. Asli seru banget. 
Body Rafting Green Canyon, Indonesia

Body Rafting Green Canyon, Indonesia

Kehabisan tiket bus balik ke Jakarta, membawa kita sampai di tempat ini. Tanpa perencanaan dan dengan seenak jidat memperpanjang liburan kita satu hari lagi. Gak mau menyia-nyiakan satu hari itu, kita langsung hunting tempat wisata di sekitar pangandaran. Random abis lah bro. Tapi seruuuu.
Begini ceritanya kenapa bisa kita bisa kehabisan bus. Jadi ceritanya liburan akhir tahun dan tahun baru 30 Desember 2014 - 4 Janueri 2015 kita berempat awalnya traveling ke Jogja-Semarang. Selesai wisata semarang, kita mencar ada yang balik ke jakarta, yang satu ke Cilacap dan saya berdua dengan mba Puji ke Kutoarjo. Saat itu masuk kerja tanggal 5, dan kita berencana balik ke Tangerang tanggal 4 nya. Ting Tong, kita kehabisan tiket dari Kutoarjo. Kita putuskan ke Cilacap siapa tau masih ada bus dan biar bareng Wahyu dari Cilacap. Ting Tong lagi, kita kalah cepat rebutan kursi dengan penumpang lain. Akhirnya kita stay satu malam di Cilacap tanpa menyia-nyiakan kesempatan, esoknya kita berencana naik bus sore dari Pangandaran setelah menjelajahi Pangandaran :) .  




Dimulai dari aliran air yang tenang, kita menyusuri sungai perlahan seperti orang yang mau inspeksi di sungai. Awalnya saya agak khawatir sih, udah berpikiran negatif gitu karena airnya sangat tenang. Ngeri aja kalau tiba-tiba muncul hewan yang tak diharapkan. Tapi ternyata aman-aman aja kok. sampai kita memasuki air yang memiliki arus lebih deras dan sungai yang berbatu-batu. Asyik kalau ada arusnya, badan dibiarin aja terbawa arus. Oh iya, saat itu satu orang guide mendampingi dua orang peserta dan guidenya itu bener-bener seru dan asyik banget. 
Medan di green canyon emang seru banget untuk rafting. Ada spot bebatuan dengan arus deras yang membuat peserta tertantang untuk melompat dan terbawa arus. Kalau yang tidak berani, bisa berjalan melalui bebatuan atau dibantu oleh guidenya kalau ingin merasakan terjun ke arus deras. Gimana caranya? Kita merapat dipunggung guidenya dan ikutan melompat bersama guide. Serukan? 
Yang tak bisa berenang, it's ok karena kita menggunakan pelampung. Ga melulu arus deras, ada juga bebatuan  saja yang harus kita lewati jadi seolah kita manjat tebing. 
Ada paketan lainnya kalau kita gak suka rafting yaitu menyusuri sungai green canyon dengan perahu tapi terbatas sampai spot yang bisa dilalui perahu. Mau pilih yang mana? Kalau saya sih rekomendasi yang rafting. :) 


Tiba di spot paling akhir, kita dijemput dengan perahu untuk kembali ke pos awal. Jarak dari spot akhir sampai ke pos awal cukup jauh jadi harus menggunakan perahu. 
Waterfall at Green Canyon
Ada yang seru lagi, sepanjang menyusuri sungai banyak pemandangan yang bisa kita lihat seperti air terjun, stalagtit, melewati goa yang sangat gelap, kalelawar, tumbuhan yang tumbuh di tebing goa, tebing batu yang bisa di panjat. Asyik kan?
Stalagtit at Green Canyon


Selamat Body Rafting dan jangan lupa Love Our Nature 

Komentar

Postingan Populer